Welcome To My Blog, Anggap saja Blog sendiri ok......

(Materi Kelas 7) Operasi Dasar pada Operating System

          Untuk menjalankan sebuah komputer kita membutuhkan operating system atau sistim operasi. Sistim operasi merupakan sebuah perangkat lunak yang mampu menjalankan sebuah komputer yang kita miliki. Tanpa sebuah sistim operasi, komputer yang kita miliki tidak akan dapat 'berbuat apa-apa' atau sama juga dengn benda mati yang tidak berguna. Sistim operasi mengatur segala sesuatu yang ada di dalam komputer, termasuk semua hardware yang ada, memori, harddisk, dll. Sistem operasi membuat komponen komputer tersebut dapat bekerja sama melakukan tugasnya.

1. Pengertian dan Tujuan Operating System (Sistem Operasi)
          Sistem operasi dapat sidefinisikan sebagai perangkat lunak atau software yang bertindak sebagai perantara antara pemakai komputer (user) dengan perangkat keras (hardware).
Tujuan dari adanya sistem operasi adalah sebagai berikut.
a. Menjalankan program-program dari user dan membantu user dalam menggunakan komputer.
b. Menyediakan sarana sehingga pemakain komputer menjadi mudah (convenient).
c. Memanfaatkan perangkat keras komputer yang terbatas secara efisien (resource manager).

2. Proses yang Terjadi pada Sistem Operasi
          Saat komputer pertama kali dinyalakan, sistem operasilah yang pertama kali dijalankan. Sistem operasi tersebut mengatur semua proses yang terjadi dalam komputer. Bagaimanakah proses tersebut berlangsung saat komputer dinyalakan?

Pada saat sebuah komputer dinyalakan terjadi proses berikut ini.

  • Sistem BIOS (Basic Input/Output System) akan membaca semua periperal yang ada pada komputer kita. Jika terjadi error maka BIOS akan melaporkannya kepada kita dengan cara mengeluarkan bunyi atau suara yang memiliki arti masing-masing
  • Jika tidak ada error maka BIOS akan melanjutkan proses dan membaca hard disk pada sektor 0 yang berisi sistem operasi. Jika BIOS menemukan sistem operasi yang terinstal pada hard disk tersebut maka BIOS akan melemparkan tugas selanjutnya kepada sistem operasi yang ada.
  • Oleh sistem operasi, semua informasi yang dikirim oleh BIOS akan digunakan unutk melakukan booting selanjutnya sehingga akhirnya sistem komputer kita dapat myala dengan benar dan dapat kita gunakan.
3. Mengaktifkan Sistem Operasi
          Sistem operasi yang kita gumakan misalnya Windows, tampilan awalnya adalah desktop sistem operasi Windows. Desktop adalah tampilan secara umum pada saat pertamakali dijalankan, contohnya sebagai berikut.

tampilan Desktop Windows XP

Didalam Windows dapat terdiri dari berbagai macam hal seperti berikut ini.

a. Wallpaper
          Wallpaper adalah gambar yang menempel di atas desktop. Windows menyediakan berbagai macam wallpaper bawaan sehingga kita dapat mengubahnya dengan mudah dan cepat. Format gambar yang di dukung wallpaper antara lain format BMP (Bitmap)

b. Start Menu
          Start Menu adalah tombol start yang berisi berbagai macam program yang telah kita install, menu-menu lain yang dapat diakses oleh pengguna, seperti mendengarkan musik, menjalankan program editor teks, dan lain-lain.

c. Quick Launch
          Quick Lunch adalah bagian bawah sebelah kiri, sebelah kanan start yang berisi icon-icon untuk shortcut-shortcut program yang telah didefinisikan. Shortcut adalah cara cepat untuk menjalankan program/data yang disimpan pada suatu direktori tertentu. Shortcut berisi path menuju ke data/program yang dimaksud dan disimbolkan oleh icon tertentu.

d. Icon
          Icon adalah program adalah gambar-fambar kecil yang menempel diatas desktop yang diikuti dengan identitasnya. Yujuan dari icon ini adalah untuk memudahkan dalam mengaktifkan suatu program aplikasi icon ini dapat kita tambah dan kurangi sesuai kebutuhan kita. Default dari icon ini terdiri dari berikut ini.
  1. My Computer
  2. My Document
  3. Internet Explorer
  4. Recycle Bin
  5. Tergantung keperluan masing masing
e. Taskbar
          Taskbar adalah batang panjang yang terdapat paling bawah desktop. Kita dapat memindahkan taskbar ke bagian atas, samping kanan dan kiri desktop sesuai dengan keinginan kita. Pada taskbar ini terdapat program yang kita minimizekan, icon-icon lainnya.

f. Beberapa Istilah
  • Maximize, adalah kegiatan atu tanda kecil yang ada dipojok kanan atas setiap window, yang berada ditengah (tanda kotak). Kegiatan yang dimaksud adalah kegiatan memperbesar tampilan windows selebar ukuran resolusi layar monitor.
  • Minimize, adalah kegiatan atau tanda kecil yang ada dipojok kanan atas setiap window, yang berada dipaling kiri (tanda -), kegiatan yang dimaksud adalah kegiatan memperkecil tampilan window sehingga window yang tadi terbuka masuk ke taskbar.
  • Close, adalah kegiatan tanda kecil yang ada dipojok kanan atas setiap window, yang berada dipaling kiri (tanda x). Kegiatan yang dimaksud adalah kegiatan menutup jendela yang sedang aktif                    


0 komentar:

Posting Komentar

News

Diberdayakan oleh Blogger.