Welcome To My Blog, Anggap saja Blog sendiri ok......

(Materi Kelas 7) Sistem Komputer

          Sistem merupakan kumpulan unsur yang saling terkait dalam mencapai suatu tujuan. Sistem dalam bahasa sederhana dapat diibaratkan sebagai rangkaian kerja. Dalam sistem dikenal adanya elemen, yaitu bagian terkecil yang saling berkaitan dalam suatu sistem. Di masyarakat kita sering mendengar pemakaian istilah sistem pada beberapa bidang. Misalnya sistem transportasi, sistem pendidikan, Sistem Komputer, sistem organisasi, sistem metabolisme, sistem medis dan lain sebagainya. Semua sistem tadi memiliki elemen-elemen yang berfungsi sebagai penunjang dalam mencapai tujuan. 

          Dalam TIK, jika salah satu elemen ditiadakan, maka tujuan tidak dapat tercapai.Sebagai contoh, kamu memiliki tujuan mengetik sebuah surat menggunakan komputer. Elemen yang dimiliki misalnya: komputer, naskah yang akan diketik, printer, dan manusia yang akan mengoperasikan. Namun di dalam komputermu tidak ada perangkat lunak untuk memproses pengetikan. Maka tujuan kamu mendapatkan printout pengetikan, tidak tercapai. Ini artinya dalam Sistem Komputer, tidak dapat mengurangi satu atau beberapa elemen dalam mencapai suatu tujuan.

          Teknologi informasi dan komunikasi terdiri dari dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Masing-masing memiliki pengertian yang berbeda. Pusat kurikulum Diknas memiliki definisi teknologi informasi adalah segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi.Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke perangkat lainnya.

          Penggabungan dari dua aspek di atas menyimpulkan bahwa teknologi informasi dan komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antar media. 

          Mari kita urai pengertian TIK di atas dalam aplikasinya sehari-hari. Kamu mendapat tugas dari guru biologi untuk mencari informasi seputar hewan pemakan daging. Guru tersebut meminta laporan tugasmu dengan memuat informasi antara lain:  nama-nama binatang pemakan daging, gambar binatang tersebut, dan cara berkembang biaknya. Lalu guru biologi itu meminta kamu mencari informasinya di internet dan hasilnya berupa  printout serta dijilid.

          Untuk mengerjakan tugasmu, tentu akan terjadi yang namanya proses. Dan proses yang kamu lalui tentu menggunakan media atau alat, yakni komputer, jaringan internet, perangkat lunak untuk mencari dan mengelola data,  dan mencetak hasil akhir sebelum dijilid. Semua ini adalah perpaduan yang saling terkait. Pada tugasmu terdapat pengelolaan, yaitu ketika kamu mencari informasi di internet akan kamu pilih dan dipilah dari informasi yang kamu dapatkan. Kemudian akan terjadi transfer atau pemindahan, yaitu dari browser (perangkat lunak membuka website) informasi itu kamu pindahkan ke aplikasi pengolah kata, misal OpenOffice Writer. 

0 komentar:

Posting Komentar

News

Diberdayakan oleh Blogger.